BISNIS
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada
konsumen atau uang yang saling menguntungkan dan memberi manfaat pada bisnis
lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa
Inggris yang artinya business, dari kata dasar busy yang
berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam
artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
KARAKTERISTIK SISTEM BISNIS
Kompleksitas
keberagaman ketidakpastian dan dinamika perubahan yang selalu
terjadi menjadikan dunia bisnis penuh dengan tantangan. Tantangan-tantangan
tersebut tentunya menjadikan sistem bisnis itu menjadi dinamis. Beberapa
karakteristik bisnis sebgai berikut.
Ø KOMPLEKSITAS DAN
KEANEKARAGAMAN
Yaitu bisnis yang muncul dengan
berbagai sektor dengan beberapa kelompok industri. Masing-masing industri yang
terkumpul didalamnya terdapat perusahaan-perusahaan yang bervariasi dalam
bentuk kepemilikan, volume bisnis, struktur modal, dan lingkup aktivitasnya,
serta gaya manajemen yang diterapkan. Contohnya, pembuat perkakas elektrik, dan
produk-produk elektronik .
Kompleksitas yang dihadapi oleh
perusahaan-perusahaan yang sudah go public atau go internasional memiliki
perbedaan dengan tantangan yang dihadapi oleh produk lokal. Selain menghadapi
perbedaan dalam perilaku konsumen, perusahaan global juga menghadapi kendala ekonomis,
misalnya penetapan tarif dan kuota untuk ekspor dan impor oleh Negara tujuan.
Ø SALING
KETERGANTUNGAN
Yaitu masing-masing perusahaan
dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibutuhkan oleh perusahaan lain. hasil
yang diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain,
demikian juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan bisa eksis atau
terkenal tanpa bekerja sama dengan perusahaan lain. Ketergantungan juga
dapat dilihat dari penyebaran wilayah produk. Perusahaan yang berada dalam
suatu Negara, dan ingin meningkatkan permintaan produknya tentu akan
mempertimbangkan untuk menjualnya keluar negeri jika pasar dalam negeri
melebihi kapasitas atau permintaan yang terbatas. Dalam hal ini perusahaan
harus bekerja sama dengan asosiasi/ lembaga-lembaga perdagangan untuk membantu
memasarkan produknya.
Ø PERUBAHAN DAN INOVASI
Perubahan dan inovasi sangat
diperlukan dalam bisnis terutama dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang
cepat. Namun dalam pengertiannya adalah perusahaan yang tidak mampu menawarkan
produknya sesuai dengan selera konsumen, maka produknya pasti akan secara tidak
langsung ditinggalkan oleh pelangganya. Perubahan dan inovasi dalam bisnis
bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi konsumen, Karena adanya perubahan
lingkungan, seperti pendapatan yang tetap , trend atau model yang berubah,
serta gaya hidup dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.
PERAN BISNIS DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT
Peran bisnis dalam kehidupan saya
sangat besar dikarenakan seluruh aspek dalam kehidupan itu memang memerlukan
sebuah pengelolaan yang sangat maksimal untuk mendapatkan keuntungan yang
maksimal juga. Dalam berbisnis kita memerlukan berbagai modal seperti
uang,tenaga,mesin,dll. Bukan suatu hal yang naif bila setiap orang memang
bekerja keras untuk mendapatkan keuntungan berupa uang atau penghargaan
lainnya. Bila dalam kehidupan saya, saya membiasakan untuk melakukan bisnis
tidak hanya untuk mencari uang bisa juga untuk mendapatkan hal-hal lain yang
bisa menguntungkan saya. Misalnya seperti saat SMA saya sering membantu
pekerjaan guru saya seperti memeriksa hasil ulangan dan keuntungan non
financial yang saya bisa dapatkan mungkin saya bisa mendapat nilai perilaku
yang baik pada buku nilai saya nantinya.
Bila dari segi
ekonomis kegiatan bisnis yang pernah saya lakukan sama seperti anak-anak pada
umumnya seperti sehabis membantu orang tua belanja/membawakan barang ke tempat
saudara saya biasanya meminta imbalan berupa uang jalan. Dalam berbisnis banyak
hal juga yang harus kita korbankan misalnya waktu kita yang berharga, lalu
tenaga yang terpakai. Dalam berbisnis kita di sarankan untuk sepintar pintarnya
mendapatkan kerabat karena dari kerabat itulah akan tercipta sebuah hubungan
atau link yang akan meluas setiap harinya. Dari 1 orang teman kekuatan
bisnis akan semakin menguat dan menyebar semakin lama semakin luas. Dari
berbisnis pula kita akan mengetahui bagaimana cara menghadapi orang banyak,
kita dapat tahu bagaimana selera masyarakat jaman sekarang serta kita pun dapat
mengetahui karakteristik orang orang yang ada di dunia bisnis jaman sekarang.
Dalam dunia bisnis bila pandai bergaul dan
pandai melobi orang banyak tanpa kita sadari link kita sudah sangat luas dan
bisnis kita bisa go internasional. Dalam berbisnis kita harus memiliki ciri
khas yang menunjukan bahwa ini adalah bisnis kita. Bisa dari cara kita
menanggapi setiap customer, property yang digunakan (baju,tata rias yang
digunakan) dan bisa juga dari barang-barang yang kita perjual belikan.
Kebanyakan orang jaman sekarang melakukan bisnis dengan berkelompok mendirikan
suatu organisasi bersama-sama.
KLASIFIKASI BISNIS
Untuk mengidentifikasikan peluang bisnis ada dua fase yaitu:
Untuk mengidentifikasikan peluang bisnis ada dua fase yaitu:
1.
Untuk
menemukan gagasan
Ada 4 “tempat” untuk memperoleh
gagasan peluang bisnis baru:
a. Diri sendiri
kepekaan untuk bertanya dengan diri sendiri, apa yang diperlukan dan dibeli oleh orang lain
kepekaan untuk bertanya dengan diri sendiri, apa yang diperlukan dan dibeli oleh orang lain
b. Pelanggan dan pesaing
sulit, karena tidak selalu jujur mengatakan segala hal yang ingin diketahui
sulit, karena tidak selalu jujur mengatakan segala hal yang ingin diketahui
c. Pasar
keberhasilan suatu produk disatu pasar kerap kali dapat melahirkan gagasan tentang sukses dan potensial di suatu pasar lain.
keberhasilan suatu produk disatu pasar kerap kali dapat melahirkan gagasan tentang sukses dan potensial di suatu pasar lain.
d. Produk yang gagal
suatu evaluasi yang mendalam atas produk yang baru
suatu evaluasi yang mendalam atas produk yang baru
2.
Gagasan
yang berhubungan dengan peluang bisnis
1. Analisis persoalan
2. Analisis situasi
3. Merumuskan wilayah yang tidak diketahui
4. Mengsurvei pelanggan sasaran
1. Analisis persoalan
2. Analisis situasi
3. Merumuskan wilayah yang tidak diketahui
4. Mengsurvei pelanggan sasaran
Sumber:
http://mohamadfaizwicaksono.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-bisnis-pengertian-bisnis.html
http://jendeladelia.blogspot.co.id/2015/02/karakteristik-sistem-bisnis
https://alazhar12.wordpress.com/2012/10/12/pengertian-bisnis-dan-peran-bisnis-dalam-kehidupan-saya/
Buku Pengantar Bisnis BAB 1 PERUSAHAAN DALAM SISTEM PEREKENOMIAN
http://mohamadfaizwicaksono.blogspot.co.id/2012/10/pengertian-bisnis-pengertian-bisnis.html
http://jendeladelia.blogspot.co.id/2015/02/karakteristik-sistem-bisnis
https://alazhar12.wordpress.com/2012/10/12/pengertian-bisnis-dan-peran-bisnis-dalam-kehidupan-saya/
Buku Pengantar Bisnis BAB 1 PERUSAHAAN DALAM SISTEM PEREKENOMIAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar