Selasa, 18 Oktober 2016

Tugas 2

BISNIS
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau uang yang saling menguntungkan dan memberi manfaat pada bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris yang artinya business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.

KARAKTERISTIK SISTEM BISNIS
Kompleksitas keberagaman  ketidakpastian dan dinamika perubahan yang selalu terjadi menjadikan dunia bisnis penuh dengan tantangan. Tantangan-tantangan tersebut tentunya menjadikan sistem bisnis itu menjadi dinamis. Beberapa karakteristik bisnis sebgai berikut.

Ø  KOMPLEKSITAS DAN KEANEKARAGAMAN
Yaitu bisnis yang muncul dengan berbagai sektor dengan beberapa kelompok industri. Masing-masing industri yang terkumpul didalamnya terdapat perusahaan-perusahaan yang bervariasi dalam bentuk kepemilikan, volume bisnis, struktur modal, dan lingkup aktivitasnya, serta gaya manajemen yang diterapkan. Contohnya, pembuat perkakas elektrik, dan produk-produk elektronik .
Kompleksitas yang dihadapi oleh perusahaan-perusahaan yang sudah go public atau go internasional memiliki perbedaan dengan tantangan yang dihadapi oleh produk lokal. Selain menghadapi perbedaan dalam perilaku konsumen, perusahaan global juga menghadapi kendala ekonomis, misalnya penetapan tarif dan kuota untuk ekspor dan impor oleh Negara tujuan.

Ø  SALING KETERGANTUNGAN
Yaitu masing-masing perusahaan dalam operasinya selalu membutuhkan dan dibutuhkan oleh perusahaan lain. hasil yang diproduksi oleh sebuah perusahaan akan menjadi input bagi perusahaan lain, demikian juga sebaliknya. Maka dari itu perusahaan tidak akan bisa eksis atau terkenal tanpa bekerja sama dengan perusahaan lain. Ketergantungan juga dapat dilihat dari penyebaran wilayah produk. Perusahaan yang berada dalam suatu Negara, dan ingin meningkatkan permintaan produknya tentu akan mempertimbangkan untuk menjualnya keluar negeri jika pasar dalam negeri melebihi kapasitas atau permintaan yang terbatas. Dalam hal ini perusahaan harus bekerja sama dengan asosiasi/ lembaga-lembaga perdagangan untuk membantu memasarkan produknya. 

Ø  PERUBAHAN DAN INOVASI
Perubahan dan inovasi sangat diperlukan dalam bisnis terutama dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis yang cepat. Namun dalam pengertiannya adalah perusahaan yang tidak mampu menawarkan produknya sesuai dengan selera konsumen, maka produknya pasti akan secara tidak langsung ditinggalkan oleh pelangganya. Perubahan dan inovasi dalam bisnis bertujuan untuk memberikan kepuasan bagi konsumen, Karena adanya perubahan lingkungan, seperti pendapatan yang tetap , trend atau model yang berubah, serta gaya hidup dan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

PERAN BISNIS DALAM KEHIDUPAN MASYARAKAT
Peran bisnis dalam kehidupan saya sangat besar dikarenakan seluruh aspek dalam kehidupan itu memang memerlukan sebuah pengelolaan yang sangat maksimal untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal juga. Dalam berbisnis kita memerlukan berbagai modal seperti uang,tenaga,mesin,dll. Bukan suatu hal yang naif bila setiap orang memang bekerja keras untuk mendapatkan keuntungan berupa uang atau penghargaan lainnya. Bila dalam kehidupan saya, saya membiasakan untuk melakukan bisnis tidak hanya untuk mencari uang bisa juga untuk mendapatkan hal-hal lain yang bisa menguntungkan saya. Misalnya seperti saat SMA saya sering membantu pekerjaan guru saya seperti memeriksa hasil ulangan dan keuntungan non financial yang saya bisa dapatkan mungkin saya bisa mendapat nilai perilaku yang baik pada buku nilai saya nantinya.
Bila dari segi ekonomis kegiatan bisnis yang pernah saya lakukan sama seperti anak-anak pada umumnya seperti sehabis membantu orang tua belanja/membawakan barang ke tempat saudara saya biasanya meminta imbalan berupa uang jalan. Dalam berbisnis banyak hal juga yang harus kita korbankan misalnya waktu kita yang berharga, lalu tenaga yang terpakai. Dalam berbisnis kita di sarankan untuk sepintar pintarnya mendapatkan kerabat karena dari kerabat itulah akan tercipta sebuah hubungan atau link yang akan meluas setiap harinya. Dari 1 orang teman kekuatan bisnis akan semakin menguat dan menyebar semakin lama semakin luas. Dari berbisnis pula kita akan mengetahui bagaimana cara menghadapi orang banyak, kita dapat tahu bagaimana selera masyarakat jaman sekarang serta kita pun dapat mengetahui karakteristik orang orang yang ada di dunia bisnis jaman sekarang.
Dalam dunia bisnis bila pandai bergaul dan pandai melobi orang banyak tanpa kita sadari link kita sudah sangat luas dan bisnis kita bisa go internasional. Dalam berbisnis kita harus memiliki ciri khas yang menunjukan bahwa ini adalah bisnis kita. Bisa dari cara kita menanggapi setiap customer, property yang digunakan (baju,tata rias yang digunakan) dan bisa juga dari barang-barang yang kita perjual belikan. Kebanyakan orang jaman sekarang melakukan bisnis dengan berkelompok mendirikan suatu organisasi bersama-sama.

KLASIFIKASI BISNIS
Untuk mengidentifikasikan peluang bisnis ada dua fase yaitu:
1.      Untuk menemukan gagasan
Ada 4 “tempat” untuk memperoleh gagasan peluang bisnis baru:
a.      Diri sendiri
kepekaan untuk bertanya dengan diri sendiri, apa yang diperlukan dan dibeli oleh orang lain
b.      Pelanggan dan pesaing
sulit, karena tidak selalu jujur mengatakan segala hal yang ingin diketahui
c.       Pasar
keberhasilan suatu produk disatu pasar kerap kali dapat melahirkan gagasan tentang sukses dan potensial di suatu pasar lain.
d.      Produk yang gagal
suatu evaluasi yang mendalam atas produk yang baru
2.      Gagasan yang berhubungan dengan peluang bisnis
1. Analisis persoalan
2. Analisis situasi
3. Merumuskan wilayah yang tidak diketahui
4. Mengsurvei pelanggan sasaran





Tidak ada komentar:

Posting Komentar