A. Planning (Fungsi Perencanaan)
Planning merupakan suatu aktivitas menyusun, tujuan perusahaan
lalu dilanjutkan dengan menyusun berbagai rencana-rencana guna mencapai tujuan
perusahaan yang sudah ditentukan.
Planning PT Maspion
1.
Menetapkan arah tujuan
dan target bisnis
·
Menciptakan produk
dengan kualitas unggul, memiliki beragam varian produk, menguasai pasar lokal
dan memiliki jaringan pemasaran luar negeri.
·
Produk yang
berkualitas dan berdaya saing bagi kepentingan masyarakat dan menghasilkan
keuntungan serta menarik minat konsumen lokal sesuai dengan selogannya
“cintailah produk-produk Indonesia”
·
Memberikan kontribusi
bagi perkembangan perekonomian Indonesia melalui kegiatan perdagangan, penyediaan
lapangan kerja dan pengembangan komunitas
2.
Menyusun strategi
untuk mencapai tujuan tersebut
·
Menambah produk baru
yang masih terkait dengan produk yang ada saat ini dan memiliki keterkaitan
dalam kesamaan teknologi, pemanfaatan fasilitas bersama, ataupun jaringan
pemasaran yang sama.
·
Mengembangkan inovasi
varian produk peralatan rumah tangga, misalnya pada setrika dimodifikasi bentuk
dan ukurannya sehingga lebih nyaman penggunaannya daripada produk setrika
sebelumnya sehingga memuaskan konsumen.
·
Mengampanyekan
iklannya melalui media dengan slogan “Cintailah produk-produk Indonesia” bagi
konsumen lokal.
·
Perusahaan memiliki
jaringan distribusi yang luas hingga ke manca negara.
·
Mematok harga produk
yang lebih terjangkau bagi masyarakat menengah kebawah.
3.
Menetukan sumber daya
yang dibutuhkan
·
Produk peralatan rumah
tangga dan elektronik dengan varian beragam
·
Produk dengan kualitas
unggul dan berdaya saing bagi kepentingan masyarakat
·
Menguasai pasar lokal
dan jaringan pemasaran luar negeri
·
Memiliki jaringan distribusi
yang mapan dan luas baik domestik maupun internasional melalui distributor,
agen, atau pengecer, serta perwakilan di kota-kota besar di indonesia dan
negara-negara berkembang lainnya.
PT Maspion akan mengoptimalkan sumber daya yang unggul dengan
pemberian pelatihan berdasarkan kebutuhan kompetensi di setiap jabatan, mulai
dari tingkat jabatan operatif yang bersifat teknis hingga tingkat yang lebih
tinggi dan bersifat kompetensi manajerial dan leadership, membangun kemitraan
yang saling mendukung dan menguntungkan secara strategis dan sinergis.
4.
Menetapkan standar
kesuksesan dalam upaya mencapai tujuan
Untuk mempertahankan kebesaran Maspion Alim markus mengatakan
ada 5 etos kerja yang harus dijaga dan di junjung tinggi di perusahaan, adapun
etika etos kerja Maspion adalah sebagai berikut:
·
Kesetiaan
dan kerja keras
Untuk mencapai kesuksesan dan mencapai tujuan, tiap member dari
organisasi harus memberikan integritasnya dan tiap orang harus siap untuk
bekerja keras dan pintar untuk mencapai keuntungan bagi perusahaan maupun
individu.
·
Kepemimpinan
Kepemimpinan adalah kunci sukses menjadi seorang pemimpin.
Kemampuan untuk menjadi pemimpin pasar adalah keunggulan kompetitif.
·
Kebersamaan
Membangun perusahaan menjadi perusahaan yang mendunia dengan
prinsip kebersamaan antar karyawan.
·
Selalu
Berkembang dan berkesinambungan
Perumbuhan tidak bisa diukur, maka strategi jangka panjang
diperlukan untuk selalu tumbuh dan berkembang dengan baik.
·
Kepuasan
Konsumen
Memperhatikan kepuasan konsumen juga perlu untuk mempertahankan
pelanggan kita agar tidak lari ketempat yang lain.
B. Organizing (Pengorganisasian)
Organizing (fungsi perencanaan) adalah pengaturan sumber daya
manusia dan sumber daya fisik yang dimiliki agar bisa menjalankan
rencana-rencana yang sudah diputuskan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Organizing PT Maspion
1.
Mengalokasikan sumber
daya, menyusun dan menetapkan prosedur yang diperlukan
Inbound Logistic:
·
Penerimaan bahan baku
: Bahan baku diterima oleh gudang. Bahan baku diberi kode, dan diinput di
database persediaan untuk memudahkan kontrol jumlah persediaan yang tersedia,
persediaan yang habis, dan persediaan yang baru ditambah.
·
Pengendalian kualitas
: Pengendalian kualitas dilakukan oleh departemen Quality Control Materials. Departemen ini bertugas
memastikan bahan baku yang masuk di gudang sudah sesuai standar yang ditetapkan
oleh perusahaan.
Operations
·
Proses produksi
: Dilakukan oleh tenaga produksi yang mengolah bahan baku sedemikian rupa
hingga menjadi produk jadi yang siap dipasarkan. Proses produksi ini meliputi
beberapa aktivitas seperti: penakaran, pencampuran, dan pengemasan. Setelah
dikemas, jumlah produk jadi tersebut diinput.
·
Pengendalian produk
: Pengendalian produk dilakukan oleh Departemen Quality Control Product. Departemen ini bertugas
memastikan bahwa produk yang diproduksi sudah sesuai dengan standar kualitas
yang sudah ditetapkan Maspion.
Outbond Logistic
·
Packaging
: Pengemasan produk dengan karton-karton dan siap untuk di distribusikan
ke pasar.
·
Distributor
: Barang yang sudah di packaging, siap didistribusikan ke berbagai DC (Distribution Centre) yang tersebar.
·
Branch Controller
:Bagian ini memegang kendali pada tiap outlet yang tersebar di wilayahnya. Ini
mempermudah kontrol terhadap jumlah produk yang dipasarkan dan memantau jumlah
produk yang tersebar.
·
Produk Display :Produk
yang dipajang di tiap outlet. Produk display digunakan untuk mendemonstrasikan
produk secara langsung ke pelanggan. Biasanya tiap outlet Maspion memberikan
layanan ini kepada pelanggan yang tertarik membeli.
2.
Menetapkan stuktur
perusahaan dan tugas-tugas
·
Direksi, yang bertugas
melaksanakan prinsip-prinsip Good Corporate Governance dalam setiap kegiatan
usaha pada seluruh tingkatan atau jenjang organisasi dan menetapkan rencana
strategis dalam bentuk rencana bisnis.
·
Direktur Utama,
Bertanggung jawab dalam menetapkan perencanaan jangka panjang dan jangka
menengah, menetapkan strategi jangka pendek, melakukan evaluasi dan
pengembangan terhadap seluruh direktorat pada umumnya dan secara khusus pada
Satuan Kerja Audit Internal, Corporate Secretary, Biro Direksi, Satuan Kerja
Anti Fraud dan divisi: Akunting, Teknologi Informasi, HRD Strategy, Tresuri,
Operasional dan Umum.
·
Direktur, Bertanggung
jawab dalam penyusunan strategi pencapaian target, melakukan koordinasi,
pemantauan, evaluasi dan pengembangan terhadap seluruh aktivitas pada divisi:
Admin Kredit, Legal, Credit Review, Appraisal, Remedial dan International Trade
Finance
·
Manajer Personalia
(Branch Personnerl Manager) yang bertugas mengkordinir, mengarahkan dan mengendalikan
kegiatan kepersonaliaan yang meliputi hubungan industrial, administrasi
kepegawaian, keamanan, kehumasan, dan pelayanan umum
·
Manajer Pemasaran
(Areaa Sales and Promotion Manager) yang bertugas mengkoordinir distribusi
produk ke daerah pemasaran, melakukan tugas penjualan dan permintaan produk,
menyiapkan rencana penjualan dan permintaan produk, merencanakan dan membuat
rancangan promosi, serta membuat rencana penjualan dan permintaan produk
3.
Merekrut, Menyeleksi
dan Melakukan pelatihan serta pengembangan tenaga kerja
Dengan membuka lowongan pekerjaan dibidang : Logistics
Functional Analyst, Network Specialist Officer, IT System Analyst, Net
Programmer, Secretary, Purchasing Supervisor (Project Management), Buyer
Utility (Geological), CSR Supervisor, Business Analyst Staff, Advertising &
Promotion Staff, Internal Audit Staff, Productivity Manager, Marketing Manager.
C. Directing (Pengarahan)
Pengarahan adalah upaya untuk menciptakan suasana kerja dinamis,
sehat agar kinerjanya lebih efektif dan efisien.
Directing PT Maspion
1.
Membimbing dan
memberi motivasi kepada pekerja supaya bisa bekerja secara efektif dan
efisien
·
PT. Maspion yang
tersebar di tiga lokasi pabrik (Maspion Unit I, II dan III) ada 47 pabrik dan
ada sekitar 20.000 orang lebih karyawannya. Jika di perusahaan lain tuntutan
utama pemogokan biasanya menyangkut penyesuaian upah atau gaji, di Maspion
lain, karena tingkat upah di kelompok perusahaan ini memang selalu di atas upah
minimal yang ditetapkan Pemerintah.
·
Untuk menjalin
kebersamaan setiap sabtu sore 200 – 300 karyawan Maspion Unit 1 diangkut untuk
berolahraga walaupun sekedar senam atau lari atau pertandingan antar pabrik.
2.
Memberi tugas serta
penjelasan secara rutin tentang pekerjaan
·
Menjalin hubungan baik
dengan karyawan
·
Adanya rapat kerja
·
Program pelatihan
kerja dalam rangka meningkatkan kompetensi karyawan
3.
Menjelaskan semua
kebijakan yang sudah ditetapkan
·
PT Maspion
mengeluarkan kebijakan untuk meningkatkan kapasitas produksi dengan mendirikan
Maspion Unit I, II dan III dengan total 47 pabrik.
·
Menerapkan kebijakan
patuh terhadap kode etik yang ada.
·
Kebijakan memperluas
pasar baik lokal maupun mancanegara dan memajukan produk- produk asli buatan
Indonesia.
D. Controlling (Pengawasan)
Controlling atau pengawasan adalah upaya untuk menilai suatu
kinerja yang berpatokan kepada standar yang telah dibuat, juga melakukan
perbaikan apabila memang dibutuhkan.
1.
Mengevaluasi
keberhasilan dan target dengan cara mengikuti standar indikator yang sudah
ditetapkan
·
Memastikan penerapan
tata kelola yang baik terselenggara dalam setiap kegiatan usaha pada seluruh
tingkatan atau jenjang organisasi
·
Mengarahkan, memantau
dan mengevaluasi pelaksanaan kebijakan strategi tahun 2018, meliputi evaluasi
terhadap kinerja keuangan serta pencapaian Rencana Bisnis.
·
Mengkaji dan
menyetujui Rencana Bisnis tahun 2019-2021.
·
Mengevaluasi
aktivitas Business Continuity Plan dan Disaster Recovery Plan.
2.
Melakukan klarifikasi
dan koreksi terhadap penyimpangan yang ditemukan
·
Memastikan bahwa
Direksi telah menindaklanjuti temuan audit dan rekomendasi dari Satuan Kerja
Audit Intern, auditor ekstern serta hasil pengawasan otoritas yang berwenang
3.
Memberi alternatif
solusi yang mungkin bisa mengatasi masalah yang terjadi.
·
Melakukan pengawasan
terhadap fungsi kepatuhan dan memberikan saran-saran dalam rangka peningkatan
kualitas pelaksanaan fungsi kepatuhan kepada Direktur Utama
·
Terdapat
Branch Controller yang
memegang kendali pada tiap outlet yang tersebar di wilayahnya untuk mempermudah
kontrol terhadap jumlah produk yang dipasarkan dan memantau jumlah produk yang
tersebar agar tidak terjadi penyimpangan.
·
Pengendalian produk
dilakukan oleh Departemen Quality Control Product yang
bertugas untuk memastikan bahwa produk yang diproduksi sudah sesuai dengan
standar kualitas yang sudah ditetapkan Maspion.
·
Menyediakan Service
Center atau posko pengaduan keluhan pelanggan untuk tindakan perbaikan.
4.
Penggunaan Sumber daya
dengan masksimal
·
Dengan meenggunakan
sumber daya yang maksimal, PT Maspion memproduksi produk dengan kualitas unggul
dan berdaya saing bagi kepentingan masyarakat.
·
Memaksimalkan sumber
daya yang digunakan untuk menguasai pasar lokal dan jaringan pemasaeran luar
negeri.
·
Produk yang dihasilkan
dari penggunaan sumber daya yang maksimal adalah produk peralatan rumah tanggan
dan elektronik dengan varian yang beragam.
·
Memiliki Sumber Daya
Manusia yang berintegritas dan siap untuk bekerja keras serta cerdas untuk
kepentingan umum perusahaan dan individu.
5.
Meningkatkan motivasi
·
Memiliki pabrik,
sarana, dan prasarana yang nyaman dan terintegrasi agar karyawan termotivasi
bekerja secara maksimal untuk memberikan hasil yang terbaik.
·
Memiliki peralatan
pengembangan dan riset sumber daya yang modern.
·
Meningkatkan budaya
organisasi agar karyawan dapat bekerja dengan semangat.
6.
Menjaga disiplin
·
Pada Outbound Logistic , terdapat bagian packaging, distribution, branch controller, dan product display yang memungkinkan perusahaan untuk
meningkatkan kedisiplinan dalam pengeluaran barang
·
Meningkatkan budaya
organisasi agar kedisiplinan karyawan meningkat.
sumber:
Annual Report PT Maspion
Tidak ada komentar:
Posting Komentar