Jumat, 29 November 2019

SDM UNGGUL DAN BERKUALITAS

Setiap organisasi ataupun perusahaan pastilah memiliki sumber daya manusia. SDM merupakan salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan pada sebuah organisasi sebagai pemikir, perencana dan penggerak untuk mencapai tujuan organisasi tersebut. SDM harus dikelola dengan baik untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi atau perusahaan. Oleh karena itu, sebuah perusahaan harus memiliki program guna melatih, mengembangkan, memelihara dan mendayagunakan SDM untuk menghasilkan SDM yang berkualitas untuk mendukung organisasi dalam mencapai tujuannya.

Yang menjadi pertanyaan sekarang, seperti apakah ciri-ciri SDM berkualitas tersebut?
Berikut ini merupakan sifat-sifat SDM yang berkualitas, yaitu :

1.    Ulet
Sikap ulet seseorang yang selalu mencari penyelesaian dengan tidak putus asa, akan membawa orang tersebut pada sebuah dedikasi pekerjaan yang bermutu dan berkualitas.

2.    Tekun
Tekun ialah sikap dimana seseorang yang memiliki kemampuan untuk memfokuskan perhatian mereka terhadap apa yang mereka kerjakan. Sehingga mereka akan membuahkan sesuatu yang positif untuk perusahaan di mana mereka bekerja.

3.    Inovatif
SDM yang berkualitas ialah manusia yang kreatif, senantiasa aktif dalam mencari berbagai hal baru. Sampaikan ide anda secara berbeda dan unik dan jangan defensive terhadap ide sendiri. Terima juga usulan, input, keberatan dari orang lain. Hal ini akan bermanfaat untuk proses realisasi ide tadi.

4.    Jujur
Jujur merupakan poin yang sangat penting. Banyak SDM yang harus diberhentikan oleh perusahaan karena tidak memenuhi poin ini. Jujur pada perusahaan yakni bekerja dengan baik sesuai peraturan yang berlaku. Jujur pada orang lain yakni harus bisa bekerja sama dilandasi oleh rasa saling percaya. Juga jujur terhadap kemampuan diri sendiri yakni bertanggung jawab sesuai dengan apa yang mampu kita perbuat.

5.    Dedikasi
SDM yang berkualitas wajib memiliki rasa pengabdian pada tugas serta pekerjaan mereka. Dimana mereka harus memiliki visi yang jauh ke depan dan mengerjakan segala sesuatunya dengan tidak setengah-setengah.

Organisasi atau perusahaan harus memiliki sistem manajemen yang baik, sehingga bisa mempertahankan SDM berkualitas mereka untuk terus memberikan benefit bagi organisasi atau perusahaan SDM itu sendiri. Dalam menciptakan SDM yang berkualitas tentunya perusahaan harus memiliki program pengembangan kemampuan sumber daya manusia dalam meningkatkan kompetensi yang disesuaikan dengan strategi bisnis perusahaan serta rencana induk untuk kepemimpinan (Human Capital).

Strategi pengembangan SDM tidak hanya melalui pendidikan dan pengembangan keterampilan, namun ada banyak cara untuk mengembangkannya. Strategi pengembangan SDM menurut Jons 1928 dalam Sarwono, 1993, antara lain:

1.    Melalui pelatihan
Pelatihan bertujuan untuk mengembangkan individu dalam bentuk peningkatan keterampilan, pengetahuan dan sikap
.
2.    Pendidikan
Pengembangan SDM melalui pendidikan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerja, dalam arti pengembangan bersifat formal dan berkaitan dengan karir.

3.    Pembinaan
Pengembangan bertujuan untuk mengatur dan membina manusia sebagai sub sistem organisasi melalui program-program perencana dan penilaian, seperti man power planning, performance apparaisal, job analytic, job classification dan lain-lain.

4.    Recruitment
Recruitment ini bertujuan untuk memperoleh SDm sesuai klasifikasi kebutuhan organisasi dan sebagai salah satu alat organisasi dalam pembaharuan dan pengembangan.

5.    Melalui perubahan sistem
Perubahan sistem memiliki tujuan untuk menyesuaikan sistem dan prosedur organisasi sebagai jawaban untuk mengantisipasi ancama dan peluang faktor eksternal.

Dalam pengembangan SDm tidak boleh dilakukan secara sembarangan karena hal ini menyangkut kualitas SDM untuk sebuah organisasi atau perusahaan. SDM yang berkualitas akan membantu perusahaan untuk dapat lebih berkembang dan mencapai tujuan perusahaan.


Sumber :
pakarkinerja.com
manajemen-sdm.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar